Ming. Agu 1st, 2021

Ciri-ciri mobil turun mesin atau overhaul sangat perlu untuk kalian pahami, terlebih ketika ingin membeli mobil bekas.

Mobil bekas memang menjadi alternatif untuk mendapatkan mobil incaran dengan harga yang miring. Namun, sebaiknya tak hanya tergiur harga yang miring saja kalian juga harus mengetahui kondisi mesinnya.

Selama ini, kondisi turun mesin selalu identik dengan turunnya kondisi mesin sebuah mobil. Hal itu sebenarnya tidak sepenuhnya tepat, karena turun mesin merupakan proses pelepasan mesin dari badan mobil untuk memperbaiki mesin tersebut. Namun yang pasti, mobil pernah turun mesin yang artinya pernah mengalami kerusakan berat.

Untuk itu sebaiknya kalian tidak membeli mobil bekas yang sudah pernah turun mesin. Khawatir nantinya kalian justru akan mengeluarkan biaya tambahan yang cukup besar untuk perbaikan mobil. Sehingga, bukannya menghemat biaya, kejadian tersebut justru akan membuat kalian semakin boros.

Ciri-Ciri Mobil Turun Mesin, Kenali Tandanya Agar Tidak Tertipu Penampilan

Terlalu panasnya mesin mobil karena sistem mesin tersebut tidaklah bagus kecuali ada penyebabnya, seperti macet yang panjang. Namun biasanya hal ini tidak akan terjadi jika mesin memiliki sistem yang bagus.

Lalu apa yang harus kalian lakukan jika mesin tiba-tiba mengalami overheat?

Langkah pertama, kalian harus mendiamkan mesin tersebut terlebih dahulu untuk beberapa saat. Pastikan agar mesin benar-benar dingin dan jangan pernah menyiramnya dengan air. Jika mesin sudah dingin, barulah tambahkan air murni atau coolant water.

Jika kalian menyiram mesin saat kondisinya masih panas, hal ini akan menyebabkan beberapa bagian mesin menjadi bengkok. Kejadian seperti ini akan menjadi awal mobil kalian mengalami penurunan mesin.

Berbicara mengenai turun mesin, seperti apa ciri-ciri mobil turun mesin? Berikut penjelasannya:

Air Radiator Berminyak dan Oli Berwarna Kecoklatan

Ciri-ciri yang mudah terlihat apabila mobil pernah turun mesin adalah ketika air radiator berminyak dan oli mulai berwarna kecoklatan.

Biasanya hal ini karena adanya air yang masuk ke ruang kompresi ataupun oli yang masuk ke dalam saluran air. Kondisi seperti ini terjadi karena korosi pada blok silinder head sehingga membuat beberapa lubang air yang tidak beraturan.

Mesin Mati Mendadak Karena Overheating

Pernahkah kalian mengalami mobil yang mendadak mati ketika berkendara?. Hal tersebut terjadi karena kondisi suhu mesin yang terus meningkat sehingga menyebabkan overheating.

Ketika ini terjadi, usahakan tidak langsung menyalakan kendaraan. Perhatikan dulu suhu mesin di jarum penunjuk yang ada. Ketika jarum menunjukkan H, sebaiknya kalian mendiamkan mesin untuk beberapa saat.

Selanjutnya periksa pada sistem pendingin, kemungkinan terjadi kebocoran pada komponen radiator. Kalian bisa membawanya ke bengkel untuk mengetahui penyebab yang lebih jelas.

Busi Selalu Basah dengan Oli

Seringnya kepala busi basah dengan oli merupakan ciri-ciri mobil turun mesin atau overhaul. Tanda ini berarti apabila oli telah bercampur dalam ruang kompresi, maka menyebabkan oli gampang terbakar pada bagian ini.

Lalu, pada saat kalian mengeceknya dan tidak terdapat kerusakan pada bagian boringnya, maka lakukan penggantian pada ring piston. Namun, mau tidak mau kalian harus melakukan turun mesin jika kondisi ruang kompresi tidak presisi lagi.

Air Radiator Berkurang atau menyembur

Ciri-ciri lain yang terlihat adalah air radiator yang berkurang banyak bahkan bisa menyembur ke atas ketika mesin menyala. Kalian harus melakukan pengecekan komponen-komponen radiator demi mengetahui secara jelas penyebab hal tersebut.

Terdapat Segel Mesin Baru

Ciri-ciri mobil turun mesin yang paling mudah kalian ketahui adalah penggunaan segel atau seal silikon pada mesin mobil. Mobil yang belum pernah turun mesin tidak akan menggunakan seal silikon. Adanya seal silikon pada mesin mobil mengindikasikan bahwa mobil sudah pernah terbongkar dan terjadi perakitan kembali.

Seal silicon ini lama-lama mengeras jadi semacam karet karena terbuat dari material cair. Bekas seal tersebutlah yang mudah untuk membedakan, karena sangat berbeda dari komponen lain dalam mesin mobil.

Asap Knalpot Berwarna Putih

Salah satu ciri-ciri yang sangat terlihat pada mobil yang mengalami penurunan mesin yakni keluarnya asap dari knalpot berwarna putih pekat. Bukan itu saja, mobil juga sering mengalami pengurangan oli mesin, sementara baru beberapa waktu pemakaian.

By admin